IncuBie Berpartisipasi dalam PPBT Business Camp 2018 Kegiatan

Sebanyak lima proposal Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dari tenant Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (incuBie) LPPM IPB berhasil lolos dan didanai Kemenristek Dikti tahun 2018. Kelima tenant tersebut adalah (1) Gema Sukmawati (Helm Green Composite),  (2) Inna Dinovita (Saesha Mask), (3) Reza Prasetya (Sanlife Greentea Latte), (4) Axel Nathaniel (Tepung Pempek Hijabers), dan (5) Ryan Fachrozan (Kosmetik Rumput Laut).  Incubie IPB menyiapkan lima orang tenaga pendamping untuk masing-masing tenant tersebut, berturut-turut adalah  (1) Fikri Azali Faisal Syaf, (2) Muhammad Alfian, (3) Deva Primadia Almada, (4) Annisa Nurul Koesmarini, dan (5) Asna Jauhari.

Program PPBT bertujuan untuk menumbuh-kembangkan start-up inovatif dan meningkatkan peran inkubator bisnis teknologi dalam proses inkubasi, melalui dukungan dana insentif. Tahapan kegiatan PPBT meliputi kegiatan usaha tenant, inkubasi/pendampingan tenant oleh inkubator, pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E), pameran Hari Teknologi Nasional (Hateknas), Capacity Building, Business Matching, dan Monev.

Rangkaian Program PPBT 2018 diawali dengan kegiatan PPBT Business Camp 2018 yang diikuti oleh seluruh peserta PPBT sebanyak 143 pengusaha dan 143 pendamping tenant dari lembaga Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi (PTN/PTS) di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari (9-14 April 2018) bertempat di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.  PPBT Business Camp 2018 dibuka secara resmi oleh Menristek-Dikti (Prof.H. Muhammad Nasir, Phd, AK).  Dalam sambutannya, Menristek-Dikti mengharapkan dari seluruh peserta PPBT akan tumbuh perusahaan-perusahaan atau industri inovatif yang berdaya saing berskala nasional dan internasional.

Kegiatan Business Camp bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM tenant dan pendamping dalam rangka mengembangkan usaha, dan menginkubasi tenant. Dalam kegiatan business camp, para tenant dan pendamping diberikan pembekalan dengan materi yang beragam mulai dari Komunikasi bisnis, pendanaan start up, business plan, branding, praktik inkubasi yang baik, coaching, talkshow success story tenant, dan lain-lain.  Dua orang  tenant IncuBie yang merupakan alumni peserta PPBT tahun sebelumnya berkesempatan memberikan sharing pengalaman usahanya dalam sesi Success Story. Mereka adalah Ardiansah Febriantoko (Healthy Sweet) dan Edgina Burton (Kefir aneka rasa Ke’if).

Fokus kegiatan pendampingan yang akan dilakukan oleh IncuBie kepada para tenant meliputi teknis produksi dan pengembangan produk, manajemen usaha dan SDM, penyusunan business plan, legalitas usaha dan sertifikasi produk, fasilitasi pembiayaan dan pasar, business matching, pameran dan lain sebagainya.  Setelah mengikuti proses inkubasi  diharapkan usaha para tenant akan tumbuh berkembang, mandiri dan berdayasaing. Semoga Program PPBT Kemenristek-Dikti dapat terus dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang sehingga akan semakin banyak start-up inovatif yang tumbuh dan berkembang menjadi  perusahaan kelas menengah dan menjadi perusahaan/industri Unicorn.

Tenant dan Pendamping dari IncuBie IPB dalam kegiatan PPBT Business Camp 2018

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *