Para Dosen PTS LLDikti Wilayah III berkunjung ke IPB belajar Tata Kelola Inkubator Bisnis

Sebanyak 42 dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III yang tergabung dalam paguyuban Penggerak Wirausaha Mandiri (PWM) berkunjung ke Direktorat Kawasan Sains Teknologi dan Inkubator Bisnis (DKSTIB) Institut Pertanian Bogor (Kamis, 14-02-2019). Direktorat KSTIB berada di bawah kooridanasi Wakil Rektor 4 IPB bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan. Kunjungan dimaksudkan  untuk studi banding dan mengikuti kegiatan workshop tentang pendirian dan tata Inkubator Bisnis. Selain itu, kunjungan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah mahasiswa dan lulusan yang berwirausaha melalui program ibkubator bisnis teknologi (IBT) sebagaimana tersirat dalam kebijakan strategis Kemristekdikti, sekaligus peningkatan kinerja Lembaga Kewirausahaan di Perguruan Tinggi.

Bertempat di Ruang Serbaguna inkubator bisnis (incuBie) kampus IPB Baranangsiang, rombongan disambut oleh Direktur KSTIB, Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si, didampingi oleh Kasubdit Inkubator Bisnis, Deva Primadia Almada, SPi.MSi., dan tim manajemen incuBie IPB.

Dalam sesi diskusi, Direktur KSTIB memaparkan mengenai konsep Sience and Technology Park (STP) dan Inkubator Bisnsi Teknologi (IBT).  Dikatakan oleh Rokhani, pengembangan STP dan IBT  bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis teknologi dalam rangka mendorong penciptaan perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT) yang inovatif dan berdaya saing untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.  Sementara itu, Kasudit Inkubator Bisnis menekankan pentingnya pengembangan kelembagaan IBT dan best practice pengelolaan Inkubator. Salah satu yang hal yang disampaikan adalah tentang kelembagaan dan pengelolaan inkubator sesuai Perpres No 27 Tahun 2013 Tentang Inkubator Wirausaha. Dikatakan oleh Deva, bahwa layanan inkubator bisnis mencakup 7S, yaitu: Space, share office facilities, skill development, service, support, seed capital dan sinergy.  Peran pendamping sangat penting untuk suksesnya program inkubasi.

Pada kesempatan itu pula, rombongan berkesempatan mengunjungi Laboratorium Lapang (Teaching farm) dan tenant inwall IncuBie baik tenant inwall maupun outwall di Kampus IPB Dramaga.  Beberapa tenant inwall yang dikunjungi adalah saesha mask (masker dari buah-buahan), banduri (olahan bandeng), ekstrak torbangun (Asi booster), bit tea, sunmorci (ekstrak mengkudu), Agrowing, Ecodoe dan lain sebagainya. Kunjungan sesi terakhir adalah ke tenant outwall yaitu Mitra Niaga Indonesia (ekstrak tanaman herbal) dan mr. Brownco (brownies tepung singkong).

Rombongan didampingi Dr. Suyanto selaku Ketua Umum PWM LLDikti Wilayah III, Syahidin selaku Wakil Ketua II Bidang Inkubator Bisnis dan Wahyu Hari Wakil Ketua.  Mewakili rombongan, Syahidin berharap ke depan dapat terjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan DKSTIB IPB dalam rangka mendampingi pendirian dan pengelolaan inkubator bisnis di Perguruan Tinggi Swasta. [incuBie]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *