BOGOR POP UP FOOD – BOGOR FOOD FESTIVAL 2018

Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (incuBie) LPPM IPB bekerjasama dengan Koperasi Inkubator Bisnis Indonesia (KIBI) dan Program CSR Botani Square menyelenggarakan acara BOGOR FOOD FESTIVAL 2018 dengan Tema “BOGOR POP UP FOOD yang menjual produk yang Sehat, Alami dan Praktis”.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah kondisi terkini dari Kota Bogor sudah menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat di wilayah Jabodetabek.  Seiring potensi jumlah kunjungan wisata yang terus meningkat, telah berpengaruh terhadap permintaan produk kuliner dan oleh-oleh khas bogor.  Seiring meningkatnya pola pengetahuan dan perilaku konsumen terhadap asupan gizi yang baik dan seimbang dari produk pangan, maka dibutuhkan ketersediaan produk-produk yang memenuhui aspek mutu yang diharapkan oleh konsumen.

Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (incuBie) LPPM IPB dan Koperasi Inkubator Bisnis Indonesia (KIBI) bersama Botani Square terpanggil untuk menggelar sebuah event terkait edukasi produk yang sehat, alami dan praktis untuk dikonsumsi dalam bentuk “Bogor Food Festival Botani Square 2018 (BFF Botani Square 2018)”. 

BFF Botani Square 2018 akan diselenggarakan pada 5-18 November 2018 di Botani Square Bogor.  Event ini akan menjadi sarana untuk mengenalkan produk unggulan UKM binaan IPB dan Kota Bogor yang memiliki karakter sehat, alami, dan praktis bagi konsumen Botani Square dan masyarakat umum di Wilayah Jabodetabek.

Tema Kegiatan “BOGOR POP UP FOOD 2018” Healty, Nature, and Convenience adalah karakter produk yang akan dipamerkan dan dijual. Event untuk mengedukasi pentinganya pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, alami, dan praktis. Event untuk berbagi informasi tentang pemberdayaan UKM bidang pangan dan industri kreatif dalam menunjang wisata lokal.  BFF Botani Square membantu meningkatkan akses pemasaran produk UKM dan meningkatkan pendapatan sebagai bentuk dukungan dari Botani Square dan IPB.

Tujuan Event BFF Botani Square 2018 adalah (1) Mengenalkan produk binaan IPB yang memiliki karakteristik sesuai kebutuhan konsumen saat ini (sehat, alami, dan praktis); (2) Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah secara terintegrasi dari hulu ke hilir yang melibatkan petani, pelaku UKM, akademisi, dan stakeholder lainnya; (3) Meningkatkan pengetahuan tentang produk pangan dan industri kreatif melalui kegiatan Talk Show, Bussiness Matching, Expo Produk Tenant, Bazar, dan program pendukung lainnya; dan (4) Menjembatani informasi untuk pengembangan usaha bagi tenant, baik dari aspek produksi, pembiayaan, pasar, dan jejaring kerjasama.

Jumlah Peserta yang diundang dalam Acara ini : lebih 50 orang dari Tenant dan Pengurus incuBie LPPM IPB dan lebih 50 orang dari Anggota dan Pengurus KIBI.

Beberapa Sub Event Bogor Food Festival 2018 yang diselenggarakan :

  1. Pelaksanaan Kegiatan dibagi menjadi ke dalam 3 Bagian Utama, yaitu :
  2. Pembukaan, Talk Show dan Expo Produk : 05 November 2018 (Lantai 2 Botani) telah mengundang 100 orang (terdiri dari Peserta Undangan, Tenant incuBie dan UKM Anggota KIBI).

Talk Show akan diisi dengan Tema: “Akselerasi Startup Pangan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0”, dipandu oleh Moderator : Chairani Putri Pratiwi, M.Si (Dosen Agribisnis FEM IPB), dengan Narasumber :

  • Dr.Ir. Purwiyatno Hariyadi, M.Sc (Dosen IPB, Pakar Pangan IPB, Vice Chair Codex Alimentarius Commission FAO/WHO)
  • Mukhamad Najib, STP, MM (Dosen FEM IPB, Ahli Pemasaran)
  • Engerlbertus Panggalo (Head of Talent Journey at BUKALAPAK)
  1. Business Matching dan Expo Produk : 10 November 2018 (Lantai 2 Botani) diikuti oleh 16 Tenant dan dihadiri oleh Mitra Bisnis Strategis (Investor, Buyer, dan Inovator Bisnis).
  2. Bazar dan Expo Produk : 05-18 November 2018 (Lantai LG-Gladiol), diikuti oleh lebih 5O UKM hasil inkubasi binis incuBie IPB dan UKM Anggota Koperasi Inkubator Bisnis Indonesia.

Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si selaku Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (incuBie) LPPM berharap melalui acara Bogor Food Festival ini akan membantu mempromosikan produk para tenant dan pengusaha anggota KIBI sehingga usahanya dapat tumbuh dan berkembang.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *