IncuBie mengikuti 1st Asean Business Incubator Network – ABI Net Annual Meeting

ASEAN Secretariat bekerjasama dengan Japan ASEAN International Fund (JAIF) dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menyelenggarakan 1st ABI Net Annual Meeting di Hotel Red Top Jakarta (1-3 Agustus 2018). Kegiatan ini merupakan tahap awal sekaligus launching program Promoting SME Competitiveness through ASEAN Business Incubator Network – ABINet Year 20182020 yang berbertujuan untuk mempromosikan daya saing IKM di Asean Member States (AMS) melalui ABI Net.

Peserta yang hadir adalah sebanyak 75 orang yang terdiri dari 35 pengelola Inkubator dan 25  IKM se ASEAN, serta dihadiri pula oleh ASEAN Secretariate, JAIF, Kementerian Koperasi dan UKM, AIBI, Kemristekdikti, Puspiptekdan undangan lainnya. Hadir dari incuBie IPB adalah Kepala IncuBie Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si, Kepala Divisi Program Inkubasi Deva Primadia Almada, SPi, MSi dan Gema Sukmawati (tenant Helm Green Composite).

Paparan best practice pengelolaan inkubator dan inovasi diberikan oleh narasumber dari Jepang, dan narasumber dari beberapa Negara ASEAN. Selanjutnya Prof Hadi Karia Purwadaria selaku Project Coordinator memaparkan Program secara keseluruhan, yaitu kegiatan utama program antara lain (1) Implementasi ASEAN business incubator model kepada AMS; (2) Mengembangkan  ASEAN data base dan informasi mengenai inkubator, IKM/Startup, Mentor, Trainer, Venture Capitals (VC); (3) Melaksanakan business matching untuk tenant inkubator di AMS; (4) melaksanakan program ASEAN Co-incubation, dan (5) Mengadopsi program virtual business incubation.

Untuk melihat ekosistem pengembangan start up inovatif di Indonesia, pada hari terakhir peserta mengunjungi beberapa Inkubator dengan  bidang fokus yang berbeda antara lain adalah Skystar Ventures-UMN (bidang ICT),  TBIC Puspiptek (Manufaktur, Industri Kreatif, Obat dan Kesehatan dan Pangan), dan Block 71 Jakarta (Co Working Space) yang merupakan cabang dari Block 71 Singapore yang didirikan oleh NUS-Singapore.[incuBie]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *