Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) bagi UMKM Binaan IPB

Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (incuBie) LPPM IPB bersama  Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menyelenggarakan Pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) bagi UMKM Binaan IPB selama satu hari penuh (Rabu, 25-07-2018). Kegiatan ini dilakukan mengingat sebagian besar UMKM binaan adalah usaha dibidang pangan. Usaha bidang pangan memiliki karakteristik produk yang mudah rusak, mempersyaratkan banyak faktor kritis dalam proses produksinya yang mencakup aspek keamanan, kehalalan, dan higienitas.  Berkembangnya teknologi pengolahan pangan menuntut pelaku usaha untuk memahami cara-cara berproduksi yang benar dan efisien serta mengetahui dan memahami bahan tambahan pangan (BTP) sehingga produk pangan aman untuk dikonsumsi. 
 
Kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan tersebut dikoordinir  oleh Drs. Asna Jauhari selaku Kepala Divisi Legalistas dan Perijinan incuBie.  Dalam laporanya Asna mengemukakan bahwa pelatihan PKP ini diikuti sebanyak 28 peserta yang merupakan binaan IPB baik melalui Direktorat Kemahasiswaan maupun incuBie.  Sebanyak tujuh narasumber hadir dari lembaga terkait, yaitu Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, LPPOM MUI, BBPOM Bandung dan Divisi Pengembangan Produk incuBie LPPM IPB.  Topik materi meliputi Kebijakan Nasional bagi IRTP, Hygiene Sanitasi, Bahan Tambahan Pangan, Pelabelan, Jaminan Mutu Pangan hingga ijin edar melalui Badan POM maupun Sertifikat Halal.
 
Dalam sambutannya, Kepala incuBie Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si mengungkapkan bahwa UMKM yang dibinanya menghadapi berbagai masalah, dimana aspek legalitas menduduki urutan pertama (25 %), diikuti pemasaran (20 %), SDM (18 %), produksi (17 %), permodalan (10%) dan lainnya (10%).  “Oleh karena itu, pelatihan PKP ini sangat penting untuk membantu mereka dalam mengatasi aspek legalitas terutama ijin edar PIRT dah halal”, demikian paparnya.  Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Dr. Alim Setiawan Slamet, S.TP., M.Si. mengemukakan bahwa IPB mendorong agar lulusannya tidak berorientasi mencari pekerjaan (job seeker), namun harus mampu menciptakan pekerjaan (job creator) dengan praktek berwirausaha secara langsung baik melalui program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K) maupun program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI).  Kegiatan pelatihan PKP ini dibuka secara resmi oleh oleh dr. Dede Agung Priatna selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor mewakili Kepala Dinas Kesehatan Bogor.  Dalam arahannya, Dede mengingatkan pentingnya keamanan pangan agar masyarakat terhindar dari keracunan dan penyakit akibat pangan yang tidak sehat serta pentingnya meningkatkan pengetahuan tentang peraturan-peraturan dan aplikasi keamanan pangan yang baik. 
 
Untuk mengevaluasi penyerapan materi oleh peserta, dalam pelatihan PKP ini dilakukan ujian pre-test dan post-test.  Setiap peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan Sertifikat PKP yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan menjadi dokumen utama dalam pengajuan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) ke lembaga berwenang di lokasi domisili usaha berada.[incuBie]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *