Koperasi incuBie IPB berpartisipasi dalam Bazar Murah Korem 061 Surya Kancana Bogor

Sebanyak 10 UKM anggota Koperasi Inkubator Bisnis Indonesia (KIBI) megikuti bazar murah yang diselenggarakan Korem 061 Surya Kancana, Bogor selama dua hari (06-07 Juni 2018).  KIBI adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para pengusaha binaan Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (incuBie) IPB, dan telah mendapatkan legalitas Badan Hukum No. 518/395/BH/KPTS/DISKOPERINDAG/I/2015, Januari 2015. Bazar Murah diikuti lebih kurang 40 peserta antara lain PT Artha Graha, Cimmory, Bank BTN, UMKM Kota Bogor, Koperasi Primer Angkatan Darat, Koperasi Persita, KIBI incuBie IPB, dan usaha perseorangan.  Kegiatan ini didukung penuh oleh Koperasi Kodim yang berada dibawah koordinasi Koperasi Primer Korem 061 Surya Kancana, yaitu Kodim Cianjur, Kodim Sukabumi, Kodim Pelabuhan Ratu, Kodim Kota Bogor, Kodim Cibinong, dan Yonif 315 dan dimeriahkan oleh warga masyarakat sekitar. 
 
Acara bazar dibuka secara resmi oleh Danrem, Kol.Inf. Muhammad Hasan, SH.  Dalam sambutannya, Danrem mangatakan bahwa tujuan diselenggarakannya bazar murah ini adalah untuk membina kesejahteraan moril bagi anggota korem dan kepedulian bagi warga masyarakat sekitar selama bulan Ramadhan.  Pada acara pembukaan bazar tersebut Kepala incuBie, Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si. diberi kesempatan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Rokhani menjelaskan bahwa Inkubator Bisnis adalah suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan usaha kepada peserta inkubasi atau disebut tenant.  “Pendampingan meliputi aspek teknis produksi maupun manajemen usaha mulai dari legalitas usaha, sertifikasi produk, disain kemasan, pengurusan ijin edar, pencatatan usaha, penyusunan Business Plan, promosi dan pemasaran, pameran dan temu bisnis termasuk fasilitasi ke lembaga permodalan dan pengembangan jaringan (networking)”, demikian dijelaskan Rokhani.    
 
Dalam kegiatan bazar tersebut koperasi KIBI menggelar aneka produk hasil usaha para anggotanya, antara lain jahe merah instan, makaroni & usus “Unyu”, pastelmania, lapis talas Sari Pakuan, minuman rempah, cendol de Keraton, sotoji, madu & propolis, dan aneka buah segar. Dari pengurus KIBI hadir Dadang Tresnakusumah dan Tarmidi yang mengkoordinir langsung kegiatan bazar yang berlangsung selama dua hari.  
Mewakili KIBI, Tarmidi berharap kerjasama bazar dan pasar murah semacam ini dapat ditingkatkan lagi dan diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya sehingga memberi manfaat bagi kemajuan pelaku UMKM dan masyarakat secara luas.  “Kedepan, KIBI akan merancang Paket Bingkisan Ramadhan dan Paket Sembako Murah melalui kerjasama dengan mitra usaha dari berbagai pihak”, demikian papar Tarmidi. 
Dengan seringnya pengusaha UMKM binaan IncuBie mengikuti program promosi dan kerjasama pemasaran, diharapkan akan  semakin cepat produk dikenal pasar dan akan meningkatkan penjualan.[incuBie]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *