Koperasi KIBI selenggarakan Rapat Anggota Tahunan

Koperasi Inkubator Bisnis Indonesia (KIBI) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Sabtu (28 April 2018).  Koperasi yang digagas oleh Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (IncuBie) ini didirikan pada tahun 2012 dan mendapat pengesahan legalitas Badan Hukum berdasarkan SK No.: 518/395/BH/KPTS/DISKOPERINDAG/I/2015 pada tanggal 27 Januari 2015.  KIBI dibentuk atas kesadaran untuk mewadahi pengusaha binaan (tenant) incuBie agar berkembang menjadi usaha yang tangguh, mandiri dan mampu berkembang ke tingkat usaha menengah.  Hadir dalam RAT tersebut adalah Kepala incuBie (Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si), Sekretaris incuBie (Maryono, SP.MSc.), Kepala Divisi bidang Penelitian dan Pelatihan (Dr. Mala Nurilmala, S.Pi.MSi), Kepala Divisi bidang Pengembangan Program Inkubasi (Deva Primadia Almada, S.Pi.MSi) dan Kepala Divisi bidang Legalitas dan Perijinan (Drs. Asna Jauhari).  Acara juga dihadiri oleh Penasehat KIBI, Prof.Dr.Ir. Memen Surahman, MSc.Agr. yang sebelumnya menjabat Kepala incuBie (2011-2018).
Dalam sambutannya, Kepala incuBie mengemukakan bahwa keberadaan KIBI diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para tenant incuBie terutama dalam hal akses terhadap bahan baku dan pemasaran produk tenant. “Pada tahap awal hendaknya KIBI fokus pada koperasi produksi yang membantu penyediaan bahan baku, peralatan  produksi serta membantu menjual dan memasarkan produk para tenant yang merupakan anggota KIBI”, demikian pinta Rokhani. Sementara itu penasehat KIBI, Prof. Memen Surahman, menyarankan agar anggota koperasi KIBI secara intensif menjalin komunikasi. Selain itu, iuran hendaknya dibuat mudah dan terasa tidak memberatkan anggota. “Kalau pertemuan rutin sulit diwujudkan, komunikasi bisa dilakukan dengan menggunakan social media”, paparnya.
RAT diselenggarakan untuk pertanggungjawaban dan pengesahan program kerja dan unit usaha KIBI ke depan.  Dalam RAT tersebut, Dadang Tresnakusuma terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KIBI untuk masa jabatan 2018-2022.  IncuBie memberikan dukungan kepada KIBI sebagai mitra utama dalam melaksanakan program kerja dan pengembangan unit bisnis. Program kerja IncuBie IPB berjalan sinergis dengan Unit Usaha KIBI.  Sebagai wujud dukungannya, incuBie memfasilitasi ruangan sebagai kantor KIBI di Baranangsiang.  Pada kesempatan tersebut dilakukan peresmian Kantor KIBI yang disaksikan oleh staf incuBie dan anggota KIBI. Diharapkan KIBI dapat melangkah lebih jauh untuk memberikan kontribusi pada pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa, alumni dan pelaku UMKM binaan IPB. [incuBie]

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *