IAIN Palopo mengunjungi IPB Business Incubator (IncuBie)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menerima kembali studi banding dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo, Sulawesi Selatan pada tanggal 16 – 17 April 2018. Kunjungan tersebut diwakili oleh Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah, Kaprodi Perbankan Syariah, dan Kaprodi Ekonomi Syariah. Kehadiran Tim dari IAIN Palopo tersebut diteruskan oleh Tim LPPM IPB yaitu Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (Prof Dr Sugeng Heri Suseno, S.Pi., M.Si), Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (IncuBie) LPPM IPB (Dr. Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si), Kepala Divisi dan Pelatihan Pusat IncuBie LPPM IPB (Dr. Mala Nurilmala), Kepala Tata Usaha LPPM IPB (Astridina, S.Sos., MM), Kepala Urusan Program LPPM IPB (Ony Lusiantary, SS), Kepala Urusan Data dan Sistem Informasi LPPM IPB (Lia Maulianawati, A.Ma), Kepala Urusan Umun (Makki Furqon).

Dalam pembahasan studi banding yang dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018 di Ruang Sidang LPPM IPB, Tim IAIN Palopo menyampaikan maksud dan tujuan untuk melakukan kaji banding inkubator bisnis dalam rangka peningkatan Lembaga Pemuda dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palopo. Dalam merayakan yang disampaikan, Dr. Ir. Rokhani mengungkapkan salah satu peran IncuBie LPPM IPB adalah melakukan inkubasi pengusaha pemula (start up) berbasis teknologi dalam bidang agribisnis dan agroindustri. Ia juga menyampaikan transfer teknologi dari peran pemerintah dan perguruan tinggi dalam pengembangan UMKM sampai menjadi sebuah industri.

Selain diskusi, Tim IAIN Palopo berkesempatan melakukan kunjungan ke tenant IncuBie LPPM IPB, kunjungan ke tempat pengolahan brownies tepung talas (Mr. Brownco) di Dramaga dan kunjungan ke aneka olahan madu (CV. Madu Apriari) di Cibubur yang merupakan UMKM Binaan IncuBie. Dengan pelaksanaan studi banding tersebut, Tim IAIN dapat mengadopsi model pengembangan bisnis di agribisnis dan agroindustri yang telah dilakukan oleh LPPM IPB.

Sumber:

http://lppm.ipb.ac.id/lppm-ipb-terima-kunjungan-studi-banding-dari-iain-palopo/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *